Jadi Bupati Termiskin? Hanya Punya Honda Revo dan Mobil Avanza, Tapi Anaknya Jadi Pilot

Jadi Bupati Termiskin, Hanya Punya Honda Revo dan Mobil Avanza, Tapi Anaknya Jadi Pilot. 
Bupati Kayong Utara Drs Citra Duani.
KAYONG UTARA (BT) - Kabupaten Kayong Utara termasuk sebagai daerah termiskin urutan ke-4 berdasarkan data BPS Kalimantan Barat yang terbit tahun 2023 dilansir melalui kalbar.bps.go.id.

Kayong Utara memiliki populasi penduduk mencapai 131.104 jiwa, persentase penduduk miskin di kabupaten ini mencapai 9,04 persen, dibawah kabupaten Malawi, Landak dan Ketapang.

Lantas, berapa kekayaan Bupatinya?.

Kabupaten Kayong Utara dipimpin oleh Drs Citra Duani bersama dengan H Effendi Ahmad, S.pd yang terpilih dari hasil Pilkada tahun 2018

Dalam LHKPN yang diserahkan Bupati Citra Duani ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tanggal 4 April 2022, jumlah total kekayaanya sebesar Rp 1.097.494.684 saja.

Dengan rincian, 2 bidang tanah dan bangunan terletak di Pontianak senilai Rp 848.000.000,.

Alat transportasi senilai Rp 104.500.000. Dengan rincian yakni motor Honda Revo tahun 2015 Rp 4.500.000 dan mobil Avanza tipe G-1300 tahun 2010 Rp 100.000.000.

Sedangkan, uang kas dan setara kas yang dimilikinya berjumlah Rp 5.062.684.

Citra juga mengaku memiliki hutang sebesar Rp 10.068.000 yang disampaikanya dalam LHKPN tersebut.

Jika disandingkan dengan Bupati lainya di Kalimantan Barat, harta Bupati Citra Duani tergolong kecil alias boleh dijuluki sebagai bupati miskin

Namun demikian, sebagai orang tua, dirinya sukses mendidik keluarga karena anaknya, Arie Baihaqie hasil perkawinanya dengan (almr) Ertiya Magdalena merupakan seorang pilot pesawat komersial.

Rekam jejak Citra Duani telah dipublikasikan oleh laman web resmi Pemkab Kayong Utara,.

Dikutip dari laman tersebut, Citra Duani lahir di Ketapang pada 6 Mei 1964.

Menyelesaikan SD dan SMP di Ketapang. Kemudian melanjutkan Pendidikan di SMAN 2 Pontianak dan kuliah Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Dia mengawali karir sebagai PNS di Pemprov Kalbar persisnya di Departemen Penerangan (Deppen) pada akhir tahun 1980-an walau era presiden Gus Dur departemen ini dihapus dan diganti menjadi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

Saat jadi PNS, Citra pernah memegang beberapa jabatan seperti Kasubbag di Biro Ekbang, Kabag di Biro Humas dan Protokol Pemprov Kalbar. 

Kemudian bergeser sebagai Kepala UPPD Kayong Utara di Dispenda Provinsi Kalimantan Barat.

Dari dinas tersebut, Citra bergeser lagi ke Dinas Perkim LH Kalbar.

Naah, dari Dinas Perkim LH inilah dia kemudian maju sebagai calon Bupati Kayong Utara dan terpilih untuk periode 2018-2023.

Dengan pengalaman berorganisasi yang pernah digelutinya seperti KNPI, Kosgoro dan Lembaga Konsumen Indonesia, saat ini Bupati Citra Duani dipercaya sebagai ketua DPC partai Hanura kabupaten Kayong Utara.

Dari kehidupan pribadinya, setelah menduda selama kurang lebih 4 tahun karena isteri pertamanya, Ertiya Magdalena meninggal dunia, Citra menikah lagi dengan wanita dari kabupaten Sintang bernama Yayuk Winarti, pada Kamis, 17 Maret 2022.

Jabatanya sebagai Bupati akan berakhir pada bulan September 2023. DPRD sudah menggelar paripurna guna mengusulkan pejabat sementara Bupati Kayong Utara sambil menunggu proses Pilkada tahun 2024.

Penulis: Muzahidin

Berita ini telah ditayangkan di BorneoTribun dengan Judul Jadi Bupati Termiskin? Hanya Punya Honda Revo dan Mobil Avanza, Tapi Anaknya Jadi Pilot, Link: https://www.borneotribun.com/2023/08/jadi-bupati-termiskin-hanya-punya-honda.html
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini