Swakelola Proyek Air di Satai

Swakelola Proyek Air di Satai.
Swakelola Proyek Air di Satai.

Kayong Utara - Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kayong Utara (KKU) terus meningkatkan jaringan pipa air bersih. Salah satunya di desa Tanjung Satai kecamatan Pulau Maya Karimata, Kayong Utara. 

Pekerjaan tersebut dilakukan secara swakelola tipe 4 melibatkan masyarakat lokal dengan nilai pekerjaan sebesar Rp 550 juta bersumber dari APBD KKU tahun 2022.

Ujang warga Satai mengatakan sedikit terbantu dengan pembuatan bangunan sumber air tanah tersebut, sehingga saat kemarau bisa di manfaatkan warga setempat. 

"Selama ini kami dapat air bersih dari air hujan dan ngambil di sumber air dekat bukit di Satai, itupun jauh. Dengan dibangun tong air ini, kami terbantulah," kata Ujang. 

Kepala bidang Cipta Karya dinas PU KKU, Indra Wahyudi menjawab konfirmasi mengatakan, swakelola tersebut sebagai jawaban atas persoalan ketersediaan air bersih di daerah kepulauan yang jauh dari jangkauan sumber mata air. 

"Sangat bermanfaat khususnya desa-desa yang jauh dan tidak bisa d jangkau dengan jaringan pipanisasi," ujar Yudi, Jumat petang (07/03/23).

Menurut Yudi, Pemkab KKU terus berupaya menyediakan sarana dan prasarana air bersih terutama di daerah-daerah sulit terjangkau. 

"Ini juga menjadi solusi untuk penanganan air bersih," pungkasnya. 

Muzahidin.

Berita ini telah ditayangkan di BorneoTribun dengan Judul Swakelola Proyek Air di Satai, Link: https://www.borneotribun.com/2023/04/swakelola-proyek-air-di-satai.html
Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini